PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

DIAN PRIYANTI, 1413024025 (2018) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1 ABSTRAK.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (937Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (867Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN Oleh DIAN PRIYANTI Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 28 Bandar Lampung pada pembelajaran IPA Biologi materi pencemaran lingkungan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII A dan VII C berjumlah 60 peserta didik yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Data rata-rata nilai keterampilan metakognisi peserta didik dianalisis secara deskriptif menggunakan bantuan program Microsoft Excel. Data rata-rata nilai pretest, posttest dan N-Gain sebagai hasil dianalisis dengan uji Independent Sample t-test pada taraf kepercayaan 5% menggunankan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik. Keterampilan metakognisi peserta didik pada kelas eksperimen memiliki rata-rata pencapaian skor lebih tinggi dengan kriteria “berkembang sangat baik” dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya memiliki kriteria “sudah berkembang”. Model PBL berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok pencemaran lingkungan dan dampkanya bagi ekosistem. Kata kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Metakognisi, Problem Based Learning (PBL)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 188704650 . Digilib
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:26
Terakhir diubah: 08 Oct 2018 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33328

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir