Vivi Hardiana, 0913033068 (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMP NEGERI 1 KASUI KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (904Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (1674Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1760Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (1287Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (227Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (236Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Dalam proses pembelajaran suasana yang menyenangkan dapat meningkatkan aktifitas belajar serta motivasi siswa yang mempengaruhi hasil belajar siswa. . Oleh karena itu dibutuhkan kerja sama antara guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar yaitu dengan cara penerapan model-model pembelajaran. Dalam menerapkan sebuah model sebaiknya tidak dilihat dari model pembelajaran yang modern atau baru tetapi harus melihat kondisi sekolah. Dari penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP N 1 Kasui, guru tidak hanya ceramah tetapi sudah menerapkan model Tanya jawab atau diskusi berkelompok, cendrung hanya diam, mereka kurang aktif , mereka malu dan takut memberikan jawaban yang salah dan sebagaian mereka juga sulit melakukan adaptasi dan kerjasama terlihat individualisme dan sulit sekali untuk berpasangan. Oleh karena itu diterapkan model pembelajaran Make a Match, yang menciptakan suasana yang menyenangkan, membuat siswa aktif, serta membuat siswa mau bekerjasama dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1Kasui ?, Sejauh mana taraf signifikansi pengaruh penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Kasui ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1Kasui? dan untuk mengetahui taraf signifikansi pengaruh penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1Kasui? Penelitian ini mengunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan test, dokumentasi, observasi dan kepustakaan. Sebelum instrument digunakan maka dilakukan analisis Validitas dan Reabilitas, kemudian setelah didapat data hasil belajar dilakukan uji prasarat yaitu Uji Normalitas. Setelah uji prasarat, tahap selanjutnya adalah Uji Hipotesis dengan menggunakan regresi linier sederhana dengan menggunakan uji signifikansi, yaitu pada hipotesis pertama menggunakan uji T untuk melihat ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar serta menggunakan rumus korelasi untuk mengetahui sejauh mana taraf signifikansi pengaruh penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar kognitif siswa . Berdasarkan hasil hitung data nilai pretest dan posttest Thitung (5.022) > Ttabel 2.04 Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match berpengaruh secara signifikan pada pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP N 1 Kasui, dan Taraf signifikansi sebesar 0.682 dilihat dari tabel taraf signifikasi termasuk kategori yang kuat dengan kadar determinasi sebesar 46,82 % Dengan kata lain, taraf signifikansi dari pengaruh penggunaan model pembelajaran Make a Match kuat terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1Kasui. Pada penghitungan rumus persentase penerapan model pembelajaran Make a Match lebih tepat dalam pencapaian indikator pada jenis pengetahuan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 29 Sep 2014 01:51 |
Terakhir diubah: | 29 Sep 2014 01:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3341 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |