STUDI KOMPARATIF KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) DAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEMAKA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

APRILIANI ISTIKAWATI , 1413031004 (2018) STUDI KOMPARATIF KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) DAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEMAKA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. UNIVERSITAS LAMPUNG , FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb)
[img] Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (813Kb)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1229Kb)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakang oleh rendahnya keterampilan sosial siswa serta mengaji tentang keterampilan siswa yang pembelajarannya menggunakan model Group to Group Exchange dan Value Clarification Technique dengan memperhatikan konsep diri siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas keterampilan sosial dengan model pembelajaran Group to Group Exchange dan Value Clarification Technique dengan memperhatikan konsep diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Treatment by Level 2x2. Populasi penelitian ini 238 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 69 yang ditentukan dengan teknik cluster random samping. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-Test dua sampel independent dan analisis varians dua jalan. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Group to Group Exchange dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique pada mata pelajaran IPS Terpadu, 2) keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya yang menggunakan model pembelajaran Group to Group Exchange lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique pada siswa yang memiliki konsep diri positif pada mata pelajaran IPS Terpadu, 3) keterampilan sosial siswa yang pebelajarannya menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique Exchange lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Group to Group Exchange pada siswa yang memiliki konsep diri negatif pada mata pelajaran IPS Terpadu, 4) ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan konsep diri siswa terhadap keterampilan sosal siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata kunci: keterampilan sosial, group tp group exchange,value clarification technique, konsep diri siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 188837376 . Digilib
Date Deposited: 15 Oct 2018 07:35
Last Modified: 15 Oct 2018 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33702

Actions (login required)

View Item View Item