PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS LITERASI VISUAL PADA MATERI ASAM BASA

HANISA DAMAYANA, 1413023024 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS LITERASI VISUAL PADA MATERI ASAM BASA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img] File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (253Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3211Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2678Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian mengenai pengembangan LKS berbasis literasi visual pada materi asam basa ini sebelumnya belum pernah dilakukan. LKS berbasis literasi visual yang dikembangkan ini melatihkan empat indikator literasi visual menurut Avgerinou yaitu berpikir visual, perbedaan visual, asosiasi visual, dan rekonstruksi makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan karakteristik, tanggapan guru, serta tanggapan siswa terhadap LKS berbasis literasi visual pada materi asam basa. Desain yang digunakan pada penelitian ini ialah Research and Development (R&D) menurut Borg & Gall yang hanya dilakukan sampai 5 tahap pertama. Berikut lima tahap pertama dari 10 tahap desain (R&D) yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (research and information collecting); (2) perencanaan (planning); (3) pengembangan produk awal (develop premilinary from of product); (4) uji coba lapangan awal (premilinary field testing); dan (5) revisi hasil uji coba (main product revision). Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu dan kurangnya keahlian peneliti untuk melakukan tahapan selanjutnya. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa dari SMA Negeri 15 Bandar lampung. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi,konstruksi, dan keterbacaan di-peroleh persentase sebesar 93,33%, 94,28%, dan 90,00%. Persentase tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan berturut- turut sebesar 90,83%, 90,00%, dan 91,42%. Persentase tanggapan siswa pada aspek keterbaca-an dan kemenarikan sebesar 93,14% dan 95,84% dengan kriteria sangat tinggi. Dengan demikian, LKS berbasis literasi visual pada materi asam basa yang di-kembangkan pada penelitian ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : LKS, literasi visual, asam basa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 188782791 . Digilib
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:45
Terakhir diubah: 17 Oct 2018 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33770

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir