PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI ASAM BASA

RIZKA PUSPITA, 1413023057 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI ASAM BASA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2635Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1887Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada pembelajaran materi asam basa yang bersifat abstrak, siswa mengalami kesulitan dalam memahaminya untuk mengurangi hal tersebut maka pembelajaran kimia dapat dilakukan melalui pembelajaran berbasis representasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik LKS yang dikembangkan, tanggapan guru dan siswa terhadap LKS yang dikembangkan, serta kendala-kendala dalam pengembangan LKS berbasis representasi kimia pada materi asam basa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall. Terdapat sepuluh tahap dalam pelaksanaan desain penelitian dan pengembangan. Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai lima tahap pertama. Berikut lima tahap yang metode penelitian dan pengembangan yang dilakukan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (research and information collecting); (2) perencanaan (planning); (3) pengembangan produk (develop premilinary from of product); (4) uji coba lapangan awal (premilinary field testing); dan (5) revisi hasil uji coba (main field testing). Karakteristik LKS hasil pengembangan yaitu LKS disertai fenomena berupa gambar dan data yang berbasis representasi kimia. Hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan diperoleh rata-rata persentase sebesar 87%; 88%; dan 92,86% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan sebesar 90%; 88,57%; dan 90% dengan kriteria sanggat tinggi. Hasil tanggapan siswa pada aspek keterbacaan dan kemenarikan diperoleh rata-rata persentase sebesar 87% dan 89% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, LKS berbasis representasi kimia pada materi asam basa yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: lembar kerja siswa, representasi kimia, asam basa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 188401900 . Digilib
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:51
Terakhir diubah: 17 Oct 2018 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33771

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir