PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMA NEGERI 2 PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2016/2017

NANDAR SETYA NUGRAHA, 1213033054 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMA NEGERI 2 PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2016/2017. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (27Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2248Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1715Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dalam proses belajar mengajar agar hasil belajar sesuai dengan yang akan dicapai, maka perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar digolongkan menjadi dua yaitu faktor intern dan ekstern. Salah satu yang mempengaruhi hasil belajar di sekolah adalah faktor ekstern. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh yang positif penggunaan model Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 2 Pringsewu tahun ajaran 2016/2017”?, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang positif penggunaan model Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 2 Pringsewu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Posttest Only Control Design. Sampel dipilih secara Random menggunakan jenis random Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus uji T-Test. Berdasarkan analisis data dilakukan menggunakan uji T-Test. diperoleh hasil uji hipotesis bahwa thitung 11,23 > ttabel 1,67, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data secara kuantitatif penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Hasil Belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 188192623 . Digilib
Date Deposited: 17 Oct 2018 08:23
Terakhir diubah: 17 Oct 2018 08:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33777

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir