Harudin, Nurhayani (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VI SDN BABULANG KALIANDA TAHUN AJARAN 2012-2013. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (111Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (364Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya belajar siswa sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah aktivitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VI SDN Babulang Kalianda dapat di tingkatkan dengan menggunakan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan aktivitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VI SDN Babulang Kalianda tahun 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitan tindakan kelas (classroom action research) dalam bentuk siklus yang masing-masing siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Babulang Kalianda yang berjumlah 15 orang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 6 orang perempuan, dan guru kelas VI pengumpulan data dalam penelitian ini melalaui observasi Analisis data yang digunakan adalah deskriptifn kuantitatif dengan pressentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan aktivitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VI SDN Babulang Kalianda Lampung Selatan tahun 2013. Hal ini dibuktikan dari hasil pengolahan data dari penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas siswa. Data hasil observasi pada siklus I sebanyak 9 orang (60%) yang memenuhi kriteria ketuntasan aktivitas dan pada siklus II sebanyak 14 orang (93%). Kesimpulan dari penellitian ini adalah metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas pembelajran IPA yang rendah pada siswa kelas VI SDN Babulang Kalianda. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah metode eksperimen hendaknya menjadi pilihan dalam proses pembelajaran IPA karena dapat meningkatkan aktivitas siswa yang rendah. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Aktivitas pembelajaran IPA
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:14 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/338 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |