UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VI SDN BABULANG KALIANDA TAHUN AJARAN 2012-2013

Harudin, Nurhayani (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VI SDN BABULANG KALIANDA TAHUN AJARAN 2012-2013. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (111Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (364Kb)

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya belajar siswa sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah aktivitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VI SDN Babulang Kalianda dapat di tingkatkan dengan menggunakan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan aktivitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VI SDN Babulang Kalianda tahun 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitan tindakan kelas (classroom action research) dalam bentuk siklus yang masing-masing siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Babulang Kalianda yang berjumlah 15 orang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 6 orang perempuan, dan guru kelas VI pengumpulan data dalam penelitian ini melalaui observasi Analisis data yang digunakan adalah deskriptifn kuantitatif dengan pressentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan aktivitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VI SDN Babulang Kalianda Lampung Selatan tahun 2013. Hal ini dibuktikan dari hasil pengolahan data dari penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas siswa. Data hasil observasi pada siklus I sebanyak 9 orang (60%) yang memenuhi kriteria ketuntasan aktivitas dan pada siklus II sebanyak 14 orang (93%). Kesimpulan dari penellitian ini adalah metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas pembelajran IPA yang rendah pada siswa kelas VI SDN Babulang Kalianda. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah metode eksperimen hendaknya menjadi pilihan dalam proses pembelajaran IPA karena dapat meningkatkan aktivitas siswa yang rendah. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Aktivitas pembelajaran IPA

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 11 Jan 2014 04:14
Last Modified: 11 Jan 2014 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item