Marto Drikromo , SUPARJO (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (483Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (449Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (264Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (306Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (263Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1992Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi awal pembelajaran IPA yang diperoleh di kelas IV SD Negeri 6 Metro Utara, aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Dari 32 orang sebanyak 9 orang (28%) tuntas dan 23 orang atau (72%) belum tuntas. Tujuan peneliti menerapkan model pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi energi dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar disetiap siklusnya. Sedangkan teknik analisis data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Subjek Penelitian ini melibatkan 32 orang siswa, terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuaan, semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 53,9 kategori cukup aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,5 kategori sangat aktif. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 57,63 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78,44. Ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai 62,5% (20 orang siswa) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (32 orang siswa). Kata Kunci: Aktivitas Hasil Belajar, Model Contectual Teacing and Learnig
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:14 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/341 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |