., SUWINANTO (2013) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD NEGERI 6 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (303Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (276Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (235Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (163Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (175Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1342Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi awal pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 6 Metro Barat diketahui aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Sebanyak 9 orang siswa (28,23%) tuntas dan 23 orang siswa (71,78%) belum tuntas. Tujuan penelitian ini menerapkan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi gaya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar disetiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 59,0 kategori aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72,7 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 60,63 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75,94. Ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai 62,5% (20 orang siswa) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (32 orang siswa).
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:14 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/343 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |