PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD NEGERI 6 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

., SUWINANTO (2013) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD NEGERI 6 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (303Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (276Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (235Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (163Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (175Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1342Kb)

Abstrak

Berdasarkan observasi awal pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 6 Metro Barat diketahui aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Sebanyak 9 orang siswa (28,23%) tuntas dan 23 orang siswa (71,78%) belum tuntas. Tujuan penelitian ini menerapkan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi gaya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar disetiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 59,0 kategori aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72,7 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 60,63 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75,94. Ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai 62,5% (20 orang siswa) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (32 orang siswa).

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 11 Jan 2014 04:14
Last Modified: 11 Jan 2014 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item