PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TEMPURAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Mislan, Ayu Lestari (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TEMPURAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Cover Dalam.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Hal. Persetujuan.pdf - Published Version

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (255Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 1.pdf - Published Version

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 2.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 3.pdf - Published Version

Download (143Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (397Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab 5.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (6Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Tempuran Tahun Pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization dengan media grafis. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan tes hasil belajar melalui lembar observasi dan tes. Teknik analisis data adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa siklus I 53,2% (cukup aktif), siklus II meningkat sebesar (10,13%) menjadi 63,33% (aktif) dan siklus III meningkat kembali sebesar (13%) menjadi 76,33% (aktif). Rata-rata nilai siswa siklus I 55,13, siklus II meningkat sebesar (9,44) menjadi 64,57, dan siklus III meningkat kembali sebesar (13,33) menjadi 77,9. Persentase ketuntasan belajar siswa siklus I 46,67% (sedang), siklus II meningkat sebesar (16,66%) menjadi 63,33% (tinggi), dan siklus III meningkat kembali sebesar (20%) menjadi 83,33% (sangat tinggi). Kesimpulan bahwa penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Tempuran Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Cooperative Learning, Team Assisted Individualization, Media Grafis, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Matematika

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 10 Jan 2014 04:45
Terakhir diubah: 10 Jan 2014 04:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir