Mislan, Ayu Lestari (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TEMPURAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover Dalam.pdf - Published Version Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Hal. Persetujuan.pdf - Published Version Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (255Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf - Published Version Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 2.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 3.pdf - Published Version Download (143Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (397Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (6Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Tempuran Tahun Pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization dengan media grafis. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan tes hasil belajar melalui lembar observasi dan tes. Teknik analisis data adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa siklus I 53,2% (cukup aktif), siklus II meningkat sebesar (10,13%) menjadi 63,33% (aktif) dan siklus III meningkat kembali sebesar (13%) menjadi 76,33% (aktif). Rata-rata nilai siswa siklus I 55,13, siklus II meningkat sebesar (9,44) menjadi 64,57, dan siklus III meningkat kembali sebesar (13,33) menjadi 77,9. Persentase ketuntasan belajar siswa siklus I 46,67% (sedang), siklus II meningkat sebesar (16,66%) menjadi 63,33% (tinggi), dan siklus III meningkat kembali sebesar (20%) menjadi 83,33% (sangat tinggi). Kesimpulan bahwa penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Tempuran Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Cooperative Learning, Team Assisted Individualization, Media Grafis, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Matematika
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Jan 2014 04:45 |
Terakhir diubah: | 10 Jan 2014 04:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/345 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |