Tri Wahyunitasari, 1013053121 (2014) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAKE AND GIVE DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1V C SD NEGERI 6 METRO PUSAT TP 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (499Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK DAN GAMBAR.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (618Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (768Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi dengan guru kelas IV C SD Negeri 6 Metro Pusat, siswa mengalami beberapa permasalahan dalam pembelajaran tematik diantaranya, kurangnya aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari 31 siswa terdapat 24 siswa yang belum memperoleh nilai minimal 66 atau mencapai kategori baik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV C SD Negeri 6 Metro Pusat melalui penerapan Cooperative Learning Tipe Take and Give dengan Media Grafis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes dan tes. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar panduan observasi dan soal tes formatif. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas siswa siklus I 1,87 kategori cukup, siklus II 2,61 kategori baik, dan siklus III 3,25 kategori baik. Nilai rata-rata hasil belajar afektif siklus I 2,22 persentase (29,03%), siklus II 2,72 presentase (58.06%) dan siklus III 3,48 presentase (80,64%). Kognitif siklus I 63,87 presentase (35,48%), siklus II 70,48 presentase (61,29%) dan siklus III 83,06 presentase (80,64%). Psikomotor siklus I 54,83 presentase (32,25%), siklus II 65,80 presentase (64,51%) dan siklus III 76,45 presentase (83,87%). Kata kunci: Take and Give, Aktivitas, Hasil Belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 391566 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Sep 2014 02:00 |
Terakhir diubah: | 30 Sep 2014 02:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3479 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |