PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PENENGAHAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Rahmat, Dea Andini (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PENENGAHAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HAL PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (213Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II .pdf - Published Version

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III .pdf - Published Version

Download (135Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (673Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (5Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 1 Penengahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model cooperative learning tipe NHT di kelas IV SD Negeri 1 Penengahan Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kinerja guru, dan tes hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif untuk melihat rekapitulasi data aktivitas siswa dan kinerja guru. Sedangkan teknik analisis kuantitatif untuk mengukur data hasil belajar siswa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe NHT pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 1 Penengahan berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (55,42%) pada siklus II (64,59%) terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,17% dan pada siklus III (82,92%) terjadi peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 18,33%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (60,5) pada siklus II (71) terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10,5 dan pada siklus III (87) terjadi peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 16. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Model cooperative learning tipe NHT, PKn

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 10 Jan 2014 04:50
Terakhir diubah: 10 Jan 2014 04:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir