Perbandingan Metode Eksperimen Inkuiri dengan Eksperimen Verifikasi terhadap Hasil Belajar IPA Siswa pada Materi Pokok Sistem Pernapasan

Sigit Dwi Nurcahyo, 0853024047 (2014) Perbandingan Metode Eksperimen Inkuiri dengan Eksperimen Verifikasi terhadap Hasil Belajar IPA Siswa pada Materi Pokok Sistem Pernapasan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Cover Dalam.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Mengesahkan.pdf

Download (905Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Menyetujui.pdf

Download (1454Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Surat Pernyataan.pdf

Download (562Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Daftar Isi.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. Daftar Tabel.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. Daftar Gambar.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 1.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 2.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 3.pdf

Download (408Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (411Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab 5.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (21Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keterlibatan siswa merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar. Metode eksperimen menuntut siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode eksperimen inkuiri dan eksperimen verifikasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan metode eksperimen inkuiri dan verifikasi terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotor. Desain penelitian pretest-posttest kelompok non-equivalen. Sampel penelitian siswa kelas VIIA dan VIID, dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu hasil belajar aspek kognitif siswa yang dianalisis menggunakan uji U dan hasil belajar aspek psikomotor yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode eksperimen inkuiri (N-gain 55.81) lebih tinggi dan berbeda signifikan dibandingkan eksperimen verifikasi (N-gain 43.17). Hasil belajar aspek psikomotor siswa pada kelas eksperimen inkuiri (73%) sama tinggi dengan kelas eksperimen verifikasi (70%). Student involvement is one of the important factors in improving learning outcomes. Experimental method requires students to be more active in learning activities. Therefore, this study used an experimental method of inquiry and experimental verification. This study was aimed to compare of inquiry experiment method and verification of student learning outcome of cognitive and psychomotor. Design of this study was pretest-posttest non equivalent group. Samples were VIIA and VIID, chosen by purposive sampling. The data of research consist of quantitative data are student’s learning outcomes of cognitive aspect were analyzed using U-test and psychomotor aspect were analyzed by manner descriptive. Research results indicate using inquiry experiment method (N-gain 55.81) higher and significan be diffirent than verification experiment method (N-gain 43.17). The psychomotor of student learning outcome in inquiry experiment class (73%) as high as with verification experiment class (70%).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 962948 . Digilib
Date Deposited: 30 Sep 2014 01:53
Terakhir diubah: 30 Sep 2014 01:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3490

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir