Mujiono, , ARLINA JAYATI (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 GAYAU SAKTI TP 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (222Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (270Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (915Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (106Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SDN 3 Gayau Sakti, diketahui aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya pada pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Gayau Sakti melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan media grafis. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Data yang diperlukan diperoleh melalui observasi menggunakan panduan observasi dan tes menggunakan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan media grafis, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 59 (cukup aktif), siklus II sebesar 71,55 (cukup aktif), dan pada siklus III sebesar 81,38 (aktif). Rata-rata hasil belajar siklus 1 sebesar 62,50, siklus II sebesar 74,75, dan siklus III sebesar 85,75. Sementara ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 56,25%, siklus II sebesar 75%, dan siklus III sebesar 100%, artinya ada peningkatan secara signifikan di setiap siklusnya Kata kunci : model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD), media grafis, aktivitas, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:15 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/355 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |