Ponijan, NENENG DARSIYAH (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS I B SDN 2 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (360Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (249Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (148Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (306Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (57Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2889Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan data observasi awal yang diperoleh di SDN 2 Metro Utara yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya pada mata pelajaran matematika, sebanyak 9 siswa atau 37.5% siswa tuntas dan 15 siswa atau 62.5% siswa belum tuntas dari jumlah 24 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IB khususnya pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran matematika dengan menggunakan media gambar. Hal ini dapat dilihat dari presentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 59.6% dan meningkat pada siklus II menjadi 80% berarti mengalami peningkatan sebesar 20.4%. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 72% dan meningkat pada siklus II menjadi 92%. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 20%. Disimpulkan bahwa dalam penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran berlangsung pada mata pelajaran matematika dan disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Aktivitas dan hasil belajar dengan media gambar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Jan 2014 07:44 |
Terakhir diubah: | 10 Jan 2014 07:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/366 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |