UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS I B SDN 2 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ponijan, NENENG DARSIYAH (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS I B SDN 2 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (360Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (249Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (148Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (306Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (57Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2889Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan data observasi awal yang diperoleh di SDN 2 Metro Utara yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya pada mata pelajaran matematika, sebanyak 9 siswa atau 37.5% siswa tuntas dan 15 siswa atau 62.5% siswa belum tuntas dari jumlah 24 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IB khususnya pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran matematika dengan menggunakan media gambar. Hal ini dapat dilihat dari presentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 59.6% dan meningkat pada siklus II menjadi 80% berarti mengalami peningkatan sebesar 20.4%. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 72% dan meningkat pada siklus II menjadi 92%. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 20%. Disimpulkan bahwa dalam penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran berlangsung pada mata pelajaran matematika dan disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Aktivitas dan hasil belajar dengan media gambar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 10 Jan 2014 07:44
Terakhir diubah: 10 Jan 2014 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir