H.Y Tuwuh Sunyoto , BERNADETHA SRI WINARTI (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 2 SUMBEREJO BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
2. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (101Kb) | Preview |
|
|
Text
5. HALAMAN MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
|
Text
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (109Kb) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (46Kb) | Preview |
|
|
Text
14.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (48Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (95Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (139Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (275Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (140Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
![]() |
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2444Kb) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 2 Sumberejo Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 melalui metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Sumberejo Bandar Lampung sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 42,83% dan pada siklus II 89,83%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 61 dan pada siklus II meningkat menjadi 82. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I belum tercapai yaitu 50% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika pada materi sifat operasi hitung bilangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V A SDN 2 Sumberejo Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini sesuai dengan pengamatan observer yang telah dilakukan pada siswa mulai dari siklus I sampai siklus II. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Aktivitas dan Hasil.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:18 |
Last Modified: | 11 Jan 2014 04:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |