PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN TARI BEDANA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA N 1 SEPUTIH RAMAN LAMPUNG TENGAH

NI MADE DWI SEPTIANINGSIH, 1413043028 (2018) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN TARI BEDANA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA N 1 SEPUTIH RAMAN LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2797Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2797Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lampung mempunyai beragam budaya salah satunya kesenian tradisional Lampung yaitu Tari Bedana. Tari ini digunakan sebagai pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA N 1 Seputih Raman dalam penelitian ini dapat dilihat bagaimanakah proses dan hasil pembelajaran tari bedana menggunakan metode demonstrasi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Seputih Raman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran ragam gerak tari bedana dalam kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di SMA N 1 Seputih Raman Lampung Tengah. Guru telah menerapkan metode demonstrasi pada setiap proses pembelajaran, namun guru juga menggunakan metode lain yaitu metode ceramah dan metode media audio visual yang menunjang pembelajaran tari menggunakan metode demonstrasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 8 siswi kelas X yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan guru pembimbing ekstrakurikuler. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data deskriptif kualitatif diperoleh dari kualitas gerak siswa yang dilihat dari hasil tes praktik dan pengamatan aktivitas belajar siswa serta aktivitas guru dalam pembelajaran tari bedana menggunakan metode demonstrasi. Digunakan presentase patokan dengan skala lima dari hasil tes praktik dan lembar aktivitas belajar siswa untuk melihat kualitas gerak siswa. Berdasarkan analisis pada lembar pengamatan praktik, dapat diketahui kemampuan siswa dalam memperagakan tari bedana pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Seputih Raman. Dalam penelitian ini terdapat beberapa temuan yaitu guru menggunakan lebih dari satu metode pada proses pembelajaran. Kata kunci : pembelajaran, metode demonstrasi, tari bedana ABSTRACT Lampung has a variety of cultures, one of which is traditional Lampung arts, Bedana Dance. This dance is used as learning in extracurricular activities at SMA N 1 Seputih Raman in this study can be seen how the process and results of bedana dance learning using demonstration methods in extracurricular activities at SMA Negeri 1 Seputih Raman. This study aims to determine the use of demonstration methods on learning various movements of bedana dance in extracurricular activities to improve student learning activities at SMA N 1 Seputih Raman, Central Lampung. The teacher has applied the demonstration method in each learning process, but the teacher also uses other methods namely lecture methods and audio visual media methods that support dance learning using the demonstration method. The source of the data in this study were 8 students of class X who took extracurricular activities and extracurricular tutors. This research design uses qualitative descriptive research. Qualitative descriptive data was obtained from the quality of the students' motion which was seen from the results of practical tests and observations of student learning activities as well as teacher activities in bedana dance learning using the demonstration method. A benchmark percentage is used with a scale of five from the results of practice tests and student learning activity sheets to see the quality of student movement. Based on the analysis on the practice observation sheet, it can be seen the students' ability in demonstrating bedana dance at extracurricular activities at SMA Negeri 1 Seputih Raman. In this study there are several findings that the teacher uses more than one method in the learning process. Keywords: learning, demonstration methods, dance bedana.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> ML Literature of music
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 188877741 . Digilib
Date Deposited: 22 Oct 2018 04:58
Terakhir diubah: 22 Oct 2018 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37219

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir