EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY DANPENGUASAAN KONSEP SISWA

PIPIT APRIYANAH , 1413022057 (2018) EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY DANPENGUASAAN KONSEP SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (929Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (929Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Flipped classroom pada pembelajaran Fisika ditinjau dari self efficacy dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 16 Bandarlampung dengan sampel penelitian adalah kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian uji ANCOVA pada self efficacy adalah menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (15,28 > 4,09) dan pada tes uji ANCOVA penguasaan konsep adalah menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (15,49 > 4,09) , maka dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata self efficacy dan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang artinya menerapkan model Flipped Classroom pada proses pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap self efficacy dan penguasaan konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model konvensional. Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom yaitu dengan memberikan pekerjaan rumah terlebih dahulu berupa video pembelajaran yang berisi materi yang akan diajarkan, dan kegiatan di kelas berupa diskusi dan tanya jawab mengenai materi yang telah dipelajari siswa di rumah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Flipped Classroom dapat meningkatkan self efficacy dan kemampuan penguasaan konsep siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata N-Gain self efficacy pada kelas eksperimen 0,75 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,61 dan N-gain penguasaan konsep pada kelas eksperimen 0,70 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,43 dengan kategori sedang. Kata kunci: Flipped Classroom, Self Efficacy, Penguasaan Konsep

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 188811097 . Digilib
Date Deposited: 22 Oct 2018 09:10
Terakhir diubah: 22 Oct 2018 09:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37267

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir