EFEKTIVITAS PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 PASAR KRUI TAHUN AJARAN 2018/2019

AULIA SARI, 1413024014 (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 PASAR KRUI TAHUN AJARAN 2018/2019. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1305Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1306Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal signifikan terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Serta tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Pasar Krui Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat yang berjumlah 33 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai pretes, postes, lembar observasi aktivitas dan angket tanggapan peserta didik. Hasil skor aktivitas dan angket tanggapan di analisis dan di interpretasikan ke dalam kriteria deskriptif persentase. Desain penelitian pada penelitian ini adalah desain one grup pretest-postest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, nilai pretes siswa lebih rendah dibandingkan nilai postes siswa, yaitu dengan rata-rata nilai pretes 64,73, nilai postes 90,13, dan persentase rata-rata n-Gain yaitu 0,714 dengan kriteria tinggi. Kemudian nilai n-Gain pada setiap sub tema yang tertinggi yaitu pada sub tema 1 dengan rata-rata persentase n-Gain sebesar 0,76 kriteria tinggi. Aktivitas belajar siswa yang paling tinggi terdapat pada aspek memperhatikan penjelasan guru dengan rata-rata persentase 88,50 kriteria sangat baik. Dan aktivitas yang paling rendah terdapat pada aspek mempertahankan pendapat yaitu dengan rata-rata persentase 49,74 kriteria cukup. Selanjutnya aktivitas siswa berdasarkan sub tema yang paling tinggi persentasenya terdapat pada sub tema I dengan rata-rata 67,50 kriteria baik. Angket tanggapan siswa mengenai bahan ajar berbasis kearifan lokal yang paling tinggi terdapat pada aspek tampilan yaitu dengan rata- rata sebesar 84,84 kriteria sangat baik. Kata kunci: aktivitas peserta didik, bahan ajar, hasil belajar, kearifan lokal

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 188764618 . Digilib
Date Deposited: 23 Oct 2018 02:18
Terakhir diubah: 23 Oct 2018 02:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37275

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir