PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL INKUIRI SISWA KELAS IV SD KRISTEN 1 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Soeman, SRI WAHYUNI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL INKUIRI SISWA KELAS IV SD KRISTEN 1 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (228Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (226Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (135Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (192Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2551Kb)

Abstrak

Berdasarkan data observasi awal yang diperoleh di SD Kristen 1 Metro Pusat yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya mata pelajaran matematika, sebanyak 9 siswa atau 28,23% siswa tuntas dan 23 siswa atau 71,78% siswa belum tuntas dengan nilai dibawah KKM (60), maka diperlukan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut. Berdasarkan kenyataan di atas peneliti menerapkan model inkuiri yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar disetiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil Penelitian dengan menggunakan model inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 59,0 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72,7. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 60,63 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72,5. Ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai 62,5% (20 siswa) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (32 siswa). Berdasarkan hasil Penelitan Tindakan Kelas yang dilaksanakan dari siklus I sampai siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen 1 Metro Pusat. Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Model Inkuiri

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 Jan 2014 08:12
Last Modified: 10 Jan 2014 08:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item