Hendra Prawira, 0815021033 (2014) ANALISIS KETAHANAN LELAH BAJA KARBON AISI 1045 YANG DITEMPERING. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT english.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER dalam.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Halaman Persetujuan.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Halaman Pengesahan.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN PENULIS.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Sanwacana.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR Lampiran.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR Gambar.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (535Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (386Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (884Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK (In) Baja karbon sedang merupakan material yang banyak diproduksi dan digunakan dalam dunia industri. Baja karbon AISI 1045 adalah salah satu jenis baja karbon yang banyak digunakan sebagai bahan pembuat poros untuk komponen mesin. Pada penggunaannya, poros beroperasi menerima beban dinamik dalam waktu yang lama, sehingga rentan mengalami kegagalan saat digunakan akibat mengalami kegagalan lelah. Ketahanan lelah suatu baja dipengaruhi sifat mekanis dan struktur mikro baja tersebut. Perlakuan panas merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk merubah sifat mekanis dan struktur mikro suatu baja dan salah satu jenis perlakuan panas yang dapat diberikan pada baja AISI 1045 adalah metode tempering yang dapat meningkatkan keuletan baja tersebut. Untuk mengetahui nilai ketahanan lelah baja AISI 1045 yang telah diberikan perlakuan panas tempering, dilakukan dengan melakukan pengujian ketahanan lelah menggunakan alat rotary bending. Adapun metode pengujian yang dilakukan adalah memberikan variasi pembebanan sebesar 20%, 30%, 40%, 50% dan 60% dari nilai tegangan tarik maksimum dari baja tersebut, serta melakukan pengamatan makroskopik tehadap pola perpatahan yang terjadi pada spesimen pengujian. Hasil pengujian menunjukkan nilai ketahanan lelah maksimum yang dicapai adalah 1.107.150 siklus pada pembebanan 30%, disertai patah getas pada pembebanan 50% dan 60%, patah ulet-getas pada pembebanan, 40%, dan patah ulet pada pembebanan 30%. ABSTRACT (En) Steel is a material that is widely used in the industrial world. One of the widely used type of steel is AISI 1045 steel as the material of the shaft for the engine components maker. On its use, the axis of operation receive dynamic load in a long time, so that the vulnerable experienced a failure when used due to experiencing fatigue failure. A weary resilience steel affected by mechanical properties and microstructure of the steel. Heat treatment is one way that can be done to change the mechanical properties and microstructure of steel and one of a kind of heat treatment that can be given on the steel AISI 1045 is tempering method which can improve the steel ductility. To find out the fatigue strength value of AISI 1045 steel that has been granted tempering heat treatment, can be done by performing testing using the rotary bending testing machine. As for the testing method is done by giving the variation of load by 20%, 30%, 40%, 50% and 60% of the ultimate tensile strength value, as well as do macroscopic observations by taking action against the pattern of the fracture that occurs in the test specimens. The test results show that the value of the maximum fatigue strength is able to accomplish is 1.107.150 cycle on the 30% loading, accompanied by brittle fracture on the 50% and 60% loading, ductile-brittle fracture on the 40% loading and ductile fracture on the 30% loading.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin |
Pengguna Deposit: | 801382 . Digilib |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 03:46 |
Terakhir diubah: | 06 Oct 2014 03:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3759 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |