Mayang Saputri, 1013053066 (2014) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SISWA KELAS IV B SDN 1 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (223Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (385Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (339Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (405Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (282Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (382Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (485Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1076Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil pembelajaran siswa kelas IV B SDN 1 Metro Barat yang diketahui dari hasil observasi yaitu hanya sebanyak 12 siswa atau 52.17% dari 23 siswa yang mencapai KKM yaitu 66 dengan kategori “sedang”. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran siswa kelas IV B SDN 1 Metro Barat melalui metode Problem Solving. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes tertulis. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran siswa kelas IV B SDN 1 Metro Barat. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas belajar klasikal pada siklus I mencapai 56.52% kategori “cukup aktif”, siklus II 69.57% kategori “aktif”, siklus III 82.61% kategori “sangat aktif”. Ketuntasan hasil belajar afektif klasikal pada siklus I mendapat 52.17% kategori “cukup percaya diri”, siklus II 73.91% kategori “percaya diri”, siklus III 86.96% kategori “sangat percaya diri”. Ketuntasan hasil belajar kognitif klasikal pada siklus I mencapai 65.21% kategori “tinggi”, siklus II 73.91% kategori “tinggi”, dan mencapai 86.95% kategori “sangat tinggi” pada siklus III. Ketuntasan hasil belajar psikomotor klasikal pada siklus I mencapai 60.87% kategori “cukup terampil”, siklus II 73.91% kategori “terampil”, siklus III 91.30% kategori “sangat terampil”.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 758003 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Oct 2014 07:19 |
Terakhir diubah: | 03 Oct 2014 07:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3766 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |