Erfina Triutami, 0853024013 (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATON (GI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN CIRI MAKHLUK HIDUP(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP N 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (230Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (395Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (366Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (283Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (280Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (442Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN CIRI MAKHLUK HIDUP(Study Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013) Oleh ERFINA TRIUTAMI Keterampilan proses sains penting untuk dimiliki oleh setiap siswa. Namun di SMP Negeri 19 Bandar Lampung keterampilan proses sains siswa belum dikembangkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIC dan VIID yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa angket tanggapan siswa dan deskripsi aktivitas belajar siswa yang diobservasi. Data kuantitatif berupa rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t atau uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran GI berpengaruh signifikan terhadap peningkatan KPS (X ̅ pretes eksperimen = 21,94 ; X ̅ pretes kontrol = 20,59 ; X ̅ postes eksperimen = 74,40 ; X ̅ postes kontrol = 62,09). Penggunaan model pembelajaran GI juga berpengaruh terhadap peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan (Pertemuan I = 68,17 ; Pertemuan II = 82,28;). Selain itu, sebagian besar siswa (86,5%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran GI. Dengan demikian, model pembelajaran GI berpengaruh terhadap peninigkatan KPS dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata kunci: Model pembelajaran GI, keterampilan proses sains dan keanekaragaman ciri makhluk hidup.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 657235 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Oct 2014 07:30 |
Terakhir diubah: | 08 Oct 2014 07:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3842 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |