PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATON (GI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN CIRI MAKHLUK HIDUP(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP N 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013)

Erfina Triutami, 0853024013 (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATON (GI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN CIRI MAKHLUK HIDUP(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP N 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER LUAR.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (230Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (395Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (366Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (283Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTO.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (280Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (442Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113Kb) | Preview

Abstrak

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN CIRI MAKHLUK HIDUP(Study Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013) Oleh ERFINA TRIUTAMI Keterampilan proses sains penting untuk dimiliki oleh setiap siswa. Namun di SMP Negeri 19 Bandar Lampung keterampilan proses sains siswa belum dikembangkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIC dan VIID yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa angket tanggapan siswa dan deskripsi aktivitas belajar siswa yang diobservasi. Data kuantitatif berupa rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t atau uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran GI berpengaruh signifikan terhadap peningkatan KPS (X ̅ pretes eksperimen = 21,94 ; X ̅ pretes kontrol = 20,59 ; X ̅ postes eksperimen = 74,40 ; X ̅ postes kontrol = 62,09). Penggunaan model pembelajaran GI juga berpengaruh terhadap peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan (Pertemuan I = 68,17 ; Pertemuan II = 82,28;). Selain itu, sebagian besar siswa (86,5%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran GI. Dengan demikian, model pembelajaran GI berpengaruh terhadap peninigkatan KPS dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata kunci: Model pembelajaran GI, keterampilan proses sains dan keanekaragaman ciri makhluk hidup.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 657235 . Digilib
Date Deposited: 08 Oct 2014 07:30
Terakhir diubah: 08 Oct 2014 07:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3842

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir