PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS V SDN 2 GUNUNG REJO KECAMATAN WAYLIMA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2013/2014

ASYUNANI, 1013109082 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS V SDN 2 GUNUNG REJO KECAMATAN WAYLIMA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (274Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (702Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (657Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (455Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN 2 Gunungrejo Pesawaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division di kelas V SDN 2 Gunungrejo Manis Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah guru, teman sejawat, dan siswa kelas V sebanyak 18 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Rata-rata aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 55,56 dan pada pertemuan 2 menjadi 63,33. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 74,44 dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 86,67. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 60,00 dan pada pertemuan 2 menjadi 65,33. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 73,06 dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 79,44. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 50,00% dan pada pertemuan 2 menjadi 66,67%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 77,78% dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 88,89%. Kata kunci: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 13 Oct 2014 04:11
Last Modified: 13 Oct 2014 04:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3877

Actions (login required)

View Item View Item