RIO RESFRIAN TANAKA, 1013053080 (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 BUMI JAWA KECAMATAN BATANGHARI NUBAN. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (384Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (356Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (214Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (302Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (322Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (672Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Bumi Jawa Kecamatan Batanghari Nuban Lampung Timur, hal tersebut dibuktikan dari hasil observasi terhadap hasil belajar siswa yaitu, hanya 4 (22,22%) siswa dari 18 siswa yang baru mencapai indikator keberhasilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe group investigation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dengan menggunakan lembar observasi, serta teknik tes dengan menggunakan lembar soal. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata sikap percaya diri siswa pada siklus I dengan kategori cukup (C), meningkat pada siklus II dengan kategori baik (B), pada siklus III meningkat menjadi kategori baik (B+). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori cukup (C+), meningkat pada siklus II dengan kategori cukup (C+), kemudian meningkat pada akhir siklus III menjadi kategori baik (B). Dengan demikian penerapan model cooperative learning tipe group investigation dalam pembelajaran dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Group investigation, hasil belajar, sikap percaya diri.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 04:11 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2014 04:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3898 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |