PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 BUMI JAWA KECAMATAN BATANGHARI NUBAN

RIO RESFRIAN TANAKA, 1013053080 (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 BUMI JAWA KECAMATAN BATANGHARI NUBAN. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (384Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (356Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (214Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (302Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (322Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (672Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Bumi Jawa Kecamatan Batanghari Nuban Lampung Timur, hal tersebut dibuktikan dari hasil observasi terhadap hasil belajar siswa yaitu, hanya 4 (22,22%) siswa dari 18 siswa yang baru mencapai indikator keberhasilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe group investigation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dengan menggunakan lembar observasi, serta teknik tes dengan menggunakan lembar soal. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata sikap percaya diri siswa pada siklus I dengan kategori cukup (C), meningkat pada siklus II dengan kategori baik (B), pada siklus III meningkat menjadi kategori baik (B+). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori cukup (C+), meningkat pada siklus II dengan kategori cukup (C+), kemudian meningkat pada akhir siklus III menjadi kategori baik (B). Dengan demikian penerapan model cooperative learning tipe group investigation dalam pembelajaran dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Group investigation, hasil belajar, sikap percaya diri.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 13 Oct 2014 04:11
Terakhir diubah: 13 Oct 2014 04:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3898

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir