Cipto Sudarwono , OKTARINA ARISTYAWATI (2013) PENGGUNAAN STRATEGI PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 9 METRO BARAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (702Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (617Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (387Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (75Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (210Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2634Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri (SDN) 9 Metro Barat. Peneitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VA SD Negeri 9 Metro Barat. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui strategi permainan edukatif dan dengan menggunakan classroom action research atau lebih dikenal dengan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa, melalui permainan edukatif dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VA SDN 9 Metro Barat. Keterampilan menulis karangan deskripsi siswa terlihat semakin meningkat, pada siklus I rata-rata kelas adalah 69,83%, dan siklus II 75,33%. Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung, (1) dari hasil observasi sebelum dilakukannya tindakan siklus ke siklus I meningkat (9,5%) dan (2) dari siklus I ke siklus II meningkat (5,5%). Begitu pula dengan aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran bahasa Indonesia, dari pertemuan ke pertemuan berikutnya, siswa terlihat sangat bersemangat untuk belajar. Selain dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi, strategi permainan edukatif juga dapat meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, motivasi belajar siswa, dan kreativitas siswa. Kata kunci : permainan edukatif, keterampilan menulis, karangan deskripsi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:20 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/391 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |