PENERAPAN PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBASIS ANEKA SUMBER UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 METRO TAHUN 2010

Rahayu, Sri (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBASIS ANEKA SUMBER UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 METRO TAHUN 2010. Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Sri Rahayu_ABSTRAK.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sri Rahayu_Cover.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sri Rahayu_BAB I.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sri Rahayu_BAB II.pdf

Download (278Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sri Rahayu_BAB III.pdf

Download (245Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sri Rahayu_BAB IV.pdf

Download (377Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sri Rahayu_BAB V.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sri Rahayu_Daftar Pustka.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sri Rahayu_Kata Pengantar.pdf

Download (52Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) Proses pembelajaran, 3) Sistem penilaian pembelajaran IPS, 4) Peningkatan Prestasi belajar melalui penerapan pembelajaran pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis aneka sumber dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Hasil temuan peneliti dalam penelitian tindakan ini adalah sebagai berikut: Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan (action research) dengan tiga siklus. Siklus I Pembelajaran menggunakan sumber buku teks dari perpustakaan, majalah, dan Internet. Siklus II menggunakan media pembelajaran berupa gambar peta. Siklus III menggunakan media pembelajaran berupa gambar tokoh wayang. Hasil penelitian (1) RPP pada siklus I skornya 24 dengan rata-rata skor 3 berarti 60% dari skor total masuk dalam kategori sedang, siklus II skor 30 dengan rata-rata skor 4 berarti 80% dari skor total masuk dalam kategori baik, dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi skor 38 dengan rata-rat skor 4,75 masuk dalam kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa diketahui kelas VII E, pada siklus I adalah 47,91% dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 68,75%sedangkan pada siklus III mencapai 87,49%. Begitu juga halnya dengan kelas VII F, pada siklus I aktivitas belajar siswa yang diperoleh adalah 45,83% pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 68,74%, siklus III mengalami peningkatan 83,10%. (3) Sistem evaluasi hasil penelitian diperoleh (Siklus I nilai Validitas 0,51 Cukup, reliabelitas nilai 0,74 Tinggi, Daya Beda nilai 0,75 Tinggi, tingkat Kesukaran soal 0,60 Sedang), (Siklus II nilai Validitas 0,53 Cukup, reliabelitas nilai 0,74 Tinggi, Daya Beda nilai 0,82 Tinggi, tingkat Kesukaran soal 0,61 Sedang), (Siklus III nilai Validitas 0,53 Cukup, reliabelitas nilai 0,74 Tinggi, Daya Beda nilai 0,75 Tinggi, tingkat Kesukaran soal 0,62 Sedang). (4) Prestasi belajar siswa diketahui peningkatan prestasi siswa kelas VII E siklus I rata-rata hasil belajar yang mendapatkan nilai ≥70 yaitu 24,99%, siklus II meningkat 83,32%, siklus III mencapai 95,83%. Siswa kelas VII F siklus I hasil prestasi belajar yang mendapatkan nilai ≥70 siklus I adalah 24,99%, siklus II berjumlah 74,54%, pada siklus III mencapai 91,65% Kata Kunci: Teams Achievement Division dan Prestasi Belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 15 Jan 2014 07:58
Terakhir diubah: 15 Jan 2014 07:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir