PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV A SD NEGERI 6 METRO PUSAT

INDAH FITRIANI, 1013053112 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV A SD NEGERI 6 METRO PUSAT. Fakultas KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (416Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (294Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (259Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (479Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (279Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) kelas IV A SD Negeri 6 Metro Pusat Kota Metro. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk data motivasi belajar, data afektif, dan data psikomotor dan lembar tes untuk data hasil belajar. Data motivasi belajar, belajar, data afektif, dan data psikomotor dianalisis dengan teknik analisis kualitatif, sedangkat data hasil belajar dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa siklus I (55,6) kategori “cukup” meningkat pada siklus II (77,38) kategori “baik”. Persentase ketuntasan hasil belajar afektif siswa siklus I (58,62%) meningkat menjadi (86,21%) pada siklus II, hasil belajar psikomotor siklus I (62,07%) meningkat menjadi (86,21%) pada siklus II, dan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I (55,17%) meningkat menjadi (75,86%) pada siklus II. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Motivasi, Hasil Belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 13 Oct 2014 04:10
Last Modified: 13 Oct 2014 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3964

Actions (login required)

View Item View Item