YUDI PRASETYO, 1013099031 (2014) PENGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD NEGERI 6 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN_PERSETUJUAN.pdf Download (432Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN_PENGESAHAN.pdf Download (391Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR_PERNYATAAN.pdf Download (301Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (332Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (333Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (410Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Data observasi awal yang diperoleh di SD Negeri 6 Metro Pusat, aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, pada semester satu kelas Va Tahun pelajaran 2012/2013 rata-rata nilainya 58,75, sedangkan kriteria ketuntasan minimal adalah 60. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut perlu adanya perbaikan model pembelajaran. Peneliti menerapkan model Cooperative Learning STAD yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini melibatkan 32 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuaan, kelas Va SD Negeri 6 Metro Pusat pada semester1 tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar disetiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase beberapa aktivitas siswa pada siklus I adalah 55,40% dengan kurang Aktif, dan pada siklus II menjadi 77,19 dengan kategori Aktif.Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 55,47 dengan kategori belum tuntas dan mengalami peningkatan 13,75% pada siklus II menjadi 77,19 dengan kategori tuntas. Ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai 62,5% (20 siswa) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (32 siswa). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Cooperative Learning Tipe STAD dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Pusat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Model Cooperative Learning STAD
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 04:09 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2014 04:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3979 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |