Fatih Istiqomah, 1013053054 (2014) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IVB SD NEGERI 02 TULUNG BALAK KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (513Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (505Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (231Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (620Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (458Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas IVB SD Negeri 02 Tulung Balak Lampung Timur yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri 02 Tulung Balak Lampung Timur pada pembelajaran tematik melalui penerapan model guided discovery learning. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk data motivasi dan untuk data hasil belajar menggunakan tes. Data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis kualitatif , sedangkan data hasil belajar digunakan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model guided discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri 02 Tulung Balak Lampung Timur Tahun Pelalajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata motivasi siswa pada siklus I sebesar 61,58 kemudian meningkat sebesar 15,66 menjadi 77,24 pada siklus II. Sedangkan persentase motivasi belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 52,63% berada pada kategori “Kurang Sekali” kemudian meningkat sebesar 31,58% menjadi 84,21% pada siklus II dan berada pada kategori “Baik”. Nilai rata-rata hasil belajar pengetahuan siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 62,46 kemudian meningkat sebesar 13,77 menjadi 76,23 pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 63,16% berada pada kategori “Cukup” kemudian meningkat sebesar 21,05% menjadi 84,21% pada siklus II dan berada pada kategori “Baik”. Dengan demikian proses pembelajaran menggunakan model guided discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci : guided discovery learning, motivasi, hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 04:07 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2014 04:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4012 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |