PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN TEMA INDAHNYA NEGERIKU MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI TULUNGBUYUT KECAMATAN HULU SUNGKAI KABUPATEN LAMPUNG UTARA

ASIA REFINA, 101305003 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN TEMA INDAHNYA NEGERIKU MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI TULUNGBUYUT KECAMATAN HULU SUNGKAI KABUPATEN LAMPUNG UTARA. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (175Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (442Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri Tulungbuyut khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Perbaikan pembelajaran tema indahnya negeriku melalui model cooperative learning tipe make a match, dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA. Peneliti menggunakan PTK yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan evaluasi (kognitif). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa siklus 1 sebesar 62,50% dengan kategori “aktif” dan siklus 2 sebesar 81,25% dengan kategori “sangat aktif”, terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18,75%, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan persentase siswa yang tuntas pada siklus 1 sebesar 66,67% (16 orang siswa) dengan kategori “tinggi” dan siklus 2 sebesar 83,33% (20 orang siswa) dengan kategori “sangat tinggi”, dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 16,66%. Saran dalam penelitian ini ditujukan bagi siswa, guru, sekolah, dan bagi peneliti lain untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, cooperative learning tipe make a match

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 13 Oct 2014 04:07
Last Modified: 13 Oct 2014 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4015

Actions (login required)

View Item View Item