ASIA REFINA, 101305003 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN TEMA INDAHNYA NEGERIKU MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI TULUNGBUYUT KECAMATAN HULU SUNGKAI KABUPATEN LAMPUNG UTARA. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (190Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (442Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (627Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri Tulungbuyut khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Perbaikan pembelajaran tema indahnya negeriku melalui model cooperative learning tipe make a match, dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA. Peneliti menggunakan PTK yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan evaluasi (kognitif). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa siklus 1 sebesar 62,50% dengan kategori “aktif” dan siklus 2 sebesar 81,25% dengan kategori “sangat aktif”, terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18,75%, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan persentase siswa yang tuntas pada siklus 1 sebesar 66,67% (16 orang siswa) dengan kategori “tinggi” dan siklus 2 sebesar 83,33% (20 orang siswa) dengan kategori “sangat tinggi”, dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 16,66%. Saran dalam penelitian ini ditujukan bagi siswa, guru, sekolah, dan bagi peneliti lain untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, cooperative learning tipe make a match
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 04:07 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2014 04:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4015 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |