Hertika Dewi, 1113109016 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANG ANYAR GEDUNGTATAAN PESAWARAN TP 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (315Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (339Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (261Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (214Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (308Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (45Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Karanganyar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Karanganyar Gedungtataan Pesawaran TP 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar soal tes dan lembar pengamatan aktivitas siswa dan kinerja guru. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif berupa observasi dan teknik analisis data kuantitatif berupa tes. Hasil pengamatan menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I pertemua 1 aktivitas belajar siswa mencapai 60,25% dengan kriteria "Cukup Baik" siklus I pertemuan 2 mencapai 66,5% dengan kriteria "Baik" meningkat pada siklus II pertemuan 1 mencapai 77%dengan kriteria "Baik" dan siklus I pertemuan 2 mencapai 82% dengan kriteria "Sangat Baik". Meningkatnya aktivitas belajar siswa juga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal siklus I mencapai 60% dengan penghargaan "Tim Baik' 3 kelompok, "Tim Hebat" 2 kelompok dan siklus II ketuntasan belajar secara klasikal naik menjadi 85% dengan penghargaan "Tim Hebat" 4 kelompok dan "Tim Super" 1 kelompok.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 045949 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Oct 2014 03:32 |
Terakhir diubah: | 15 Oct 2014 03:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4053 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |