DENY RINAWATI, 0813024021 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN CIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 6 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (390Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (389Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 6 Kotabumi menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa terhadap Materi Pokok Keanekaragaman Ciri Makhluk Hidup belum optimal. Hal ini antara lain dikarenakan guru kurang mengoptimalkan penggunaan media yang efektif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa. Desain penelitian ini adalah dengan pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIB dan VIIA yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitiannya berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data Deny Rinawati iii kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan rata-rata N-gain 59,4; Rata-rata N-gain indikator kognitif C1 sebesar 58,9; indikator kognitif C4 sebesar 60,2. Selain itu aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan untuk semua aspek dengan rata-rata aktivitas berkriteria tinggi (75,4%) ; aktivitas tertinggi yaitu berdiskusi dalam kelompok (82,4%) dan aktivitas terendah yaitu menjawab pertanyaan (71,2%). Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkata untuk setiap pertemuan ; Pertemuan I = 72,5% ; Pertemuan II = 73,2% ; Pertemuan III = 73,9%. Di samping itu, sebagian besar siswa (97%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media audio visual. Dengan demikian, penggunaan media audio visual berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa dan juga berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa. Kata kunci : Keanekaragaman Ciri Makhluk Hidup, Media audio visual, Penguasaan konsep siswa
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 222547 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Oct 2014 02:22 |
Terakhir diubah: | 14 Oct 2014 02:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4090 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |