PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK VERTEBRATA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013)

IRNA YULYATI, 0913024011 (2014) PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK VERTEBRATA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Mipa, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (233Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (288Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio- visual melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi pokok vertebrata oleh siswa SMA Negeri 13 BandarLampung. Desain penelitian ini adalah pretes-postes ekuivalen. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi. Data kuantitatif yaitu penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari pretes dan postes pada setiap pertemuan. Analisis data aktivitas siswa menggunakan analisis deskriptif, sedangkan penguasaan materi menggunakan analisis uji-t dan uji U dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui media audio-visual tidak berpengaruh terhadap ii aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran yaitu tidak adanya peningkatan aktivitas dari pertemuan I ke pertemuan II dengan penurunan rata-rata sebesar (3,3 %). Hasil aktivitas belajar siswa rata-rata berkriteria sedang. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen berkriteria cukup. Pada aspek mengemukakan pendapat 59,86 % bekerjasama 72,38%, presentasi 68,42%, bertanya 51,92% dan menjawab pertanyaan 51,96%, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata aktivitas belajar siswa berkriteria baik. Aspek mengemukakan pendapat 61,85 % bekerjasama 76,95%, presentasi 69,73%, bertanya 55,90% dan menjawab pertanyaan 57,91%. Media audiovisual melalui Model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 222547 . Digilib
Date Deposited: 14 Oct 2014 02:24
Last Modified: 14 Oct 2014 02:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4110

Actions (login required)

View Item View Item