SYLVIA FARANTIKA, 0913033066 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA TRI SUKSES NATAR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (526Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (503Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (274Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (303Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (475Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan pokok dalam seluruh proses pendidikan di sekolah. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru diharapkan mengupayakan cara-cara berkomunikasi yang efektif, sehingga dapat dijadikan sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang mendorong siswa agar belajar dengan baik.Kemampuan guru untuk menentukan dan menerapkan metode atau model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa akan sangat berpengaruh pada siswa dalam pemahaman materi saat proses belajar. Dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E diharapkan pembelajaran yang terjadi dapat lebih bermakna dan memberi kesan yang kuat kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran sejarah yang besifat konsep?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sejarah siswa kelas X di SMA Tri Sukses Natar yang bersifat konsep. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan design penelitian pretest-posttest control group. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran learning cycle 7e dalam meningkatkan pemahaman materi pelajaran sejarah pada siswa kelas X SMA Tri Sukses Natar. Dibuktikan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung 2,45 > ttabel 0,65 dengan keputusan uji H0 ditolak, hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Learning Cycle 7e terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam materi pelbelajaran sejarah yang besifat konsep kelas X SMA Tri Sukses Natar, dan taraf signifikansi berdasarkan r = 0,433 yang apabila ditafsirkan menggunakan tabel pengukuran koefisien korelasi artinya terdapat pengaruh yang signifikan dengan taraf signifikansi yang cukup antara kedua variabel
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 17 Oct 2014 02:34 |
Terakhir diubah: | 17 Oct 2014 02:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4192 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |