RIMMA HASIANA NASUTION, 0923011052 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (223Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (272Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (284Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (217Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (206Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (532Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (402Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (595Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) desain pembelajaran berbasis laboratorium, (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis laboratoriun, (3) sistem evaluasi, dan (4) peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains melalui model pembelajaran berbasis laboratorium. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pekalongan. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus, siklus I. siklus II dan siklus III. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes, serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian: (1) Sintak RPP disusun dengan model pembelajaran berbasis laboratorium dalam 3 langkah kegiatan, meliputi kegiatan awal, inti dan penutup; (2) Nilai pelaksanaan pembelajaran berbasis laboratorium pada siklus I sebesar (2,93), siklus II (3,39) dan siklus III (3,46); (3) Sistem evaluasi menggunakan tes dalam bentuk soal pilihan ganda dan uraian, validitas instrumen tes sebesar 0,64 dan reliabilitas sebesar 0,71 (4) Aktivitas keterampilan proses sains siswa pada kelas VIII.1 siklus I sebesar (64%), siklus II (81%), dan siklus III (87%). Kelas VIII.2 siklus I (63%), siklus II (71%), dan siklus III (85%). Hasil belajar kelas VIII.1 siklus I siswa dengan nilai ≥ 75 (56%), siklus II 75% dan siklus III 97%. Hasil belajar kelas VIII.2 siklus I dengan nilai ≥ 75 (34%), siklus II 78% dan siklus III sebesar 97%. Kata kunci: keterampilan proses sains, pembelajaran berbasis laboratorium, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 20 Oct 2014 01:47 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2014 01:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4281 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |