PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR

RIMMA HASIANA NASUTION, 0923011052 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (223Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (272Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (284Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (217Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (532Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (402Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) desain pembelajaran berbasis laboratorium, (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis laboratoriun, (3) sistem evaluasi, dan (4) peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains melalui model pembelajaran berbasis laboratorium. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pekalongan. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus, siklus I. siklus II dan siklus III. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes, serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian: (1) Sintak RPP disusun dengan model pembelajaran berbasis laboratorium dalam 3 langkah kegiatan, meliputi kegiatan awal, inti dan penutup; (2) Nilai pelaksanaan pembelajaran berbasis laboratorium pada siklus I sebesar (2,93), siklus II (3,39) dan siklus III (3,46); (3) Sistem evaluasi menggunakan tes dalam bentuk soal pilihan ganda dan uraian, validitas instrumen tes sebesar 0,64 dan reliabilitas sebesar 0,71 (4) Aktivitas keterampilan proses sains siswa pada kelas VIII.1 siklus I sebesar (64%), siklus II (81%), dan siklus III (87%). Kelas VIII.2 siklus I (63%), siklus II (71%), dan siklus III (85%). Hasil belajar kelas VIII.1 siklus I siswa dengan nilai ≥ 75 (56%), siklus II 75% dan siklus III 97%. Hasil belajar kelas VIII.2 siklus I dengan nilai ≥ 75 (34%), siklus II 78% dan siklus III sebesar 97%. Kata kunci: keterampilan proses sains, pembelajaran berbasis laboratorium, hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 20 Oct 2014 01:47
Last Modified: 20 Oct 2014 01:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4281

Actions (login required)

View Item View Item