H.Masykur, ERWIN MASYKUR (2013) PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI 2 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (222Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (202Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (264Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (151Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (64Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (263Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (879Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan media Kartu Gambar pada kelas 3 SDN 2 Gunung Terang Bandarlampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahap tindakan pada masingmasing siklus, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Di akhir pelaksanaan setiap siklus dilakukan tes peningkatan hasil belajar menggunakan soal isian. Skor dari hasil tes tersebut digunakan untuk menentukan pencapaian KKM oleh siswa yang akan menunjukkan keberhasilan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu gambar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar dari sebelum tindakan, setelah dilaksanakannya Siklus I sebesar 69,9% dan Siklus II sebesar 79%. Peningkatan nilai aktivitas mencapai 9,1%. Prestasi belajar siswa kelas 3 SD Negeri 2 Gunung Terang pada pelajaran Bahasa Indonesia meningkat, yaitu dengan rata-rata 65,9 dan ketuntasan 68% pada Sikus I, meningkat menjadi 71,8 dan ketuntasan 84% pada Siklus II. Peningkatan jumlah siswa yang tuntas mencapai angka 16%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 SDN 2 Gunung Terang Bandarlampung meningkat dengan menggunakan media kartu gambar. Kata Kunci: Aktivitas dan Prestasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Media Kartu Gambar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 08:03 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2014 08:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/429 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |