PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI 2 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG

H.Masykur, ERWIN MASYKUR (2013) PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI 2 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (222Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (202Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (264Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (64Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (263Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (879Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan media Kartu Gambar pada kelas 3 SDN 2 Gunung Terang Bandarlampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahap tindakan pada masingmasing siklus, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Di akhir pelaksanaan setiap siklus dilakukan tes peningkatan hasil belajar menggunakan soal isian. Skor dari hasil tes tersebut digunakan untuk menentukan pencapaian KKM oleh siswa yang akan menunjukkan keberhasilan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu gambar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar dari sebelum tindakan, setelah dilaksanakannya Siklus I sebesar 69,9% dan Siklus II sebesar 79%. Peningkatan nilai aktivitas mencapai 9,1%. Prestasi belajar siswa kelas 3 SD Negeri 2 Gunung Terang pada pelajaran Bahasa Indonesia meningkat, yaitu dengan rata-rata 65,9 dan ketuntasan 68% pada Sikus I, meningkat menjadi 71,8 dan ketuntasan 84% pada Siklus II. Peningkatan jumlah siswa yang tuntas mencapai angka 16%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 SDN 2 Gunung Terang Bandarlampung meningkat dengan menggunakan media kartu gambar. Kata Kunci: Aktivitas dan Prestasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Media Kartu Gambar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 15 Jan 2014 08:03
Last Modified: 15 Jan 2014 08:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item