Ferry Kristiawan, 1013022031 (2014) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (569Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (334Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (556Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa sarana dan prasarana sekolah sudah lengkap dengan tersedianya buku-buku teks penunjang belajar, LKS berkarakter, media elektronik, perpustakaan, laboratorium IPA, laboratorium komputer, dan 8 guru IPA. Selain itu, diketahui juga bahwa sekolah sudah memiliki fasilitas yang memadai dan memungkinkan bagi guru untuk melakukan pembelajaran IPA dengan menggunakan media berbasis ICT, walaupun belum dimanfaatkan secara optimal. Selain itu, belum adanya multimedia pembelajaran yang bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan yang sesuai dengan kurikulum 2013. Lebih lanjut, peneliti mendapatkan informasi bahwa guru membutuhkan multimedia pembelajaran untuk membelajarkan materi perubahan fisika, perubahan kimia, dan pemanasan global. Mempertimbangkan masalah-masalah tersebut, maka peneliti bermaksud mengembangkan video pembelajaran sains yang bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan bagi siswa SMP/MTs, melihat efektivitas produk dari hasil belajar siswa pada ranah kognitif, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap produk yang dikembangkan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan menurut Rayanda Asyhar, yaitu analisis kebutuhan dan Ferry Kristiawan karakteristik siswa, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan butir-butir materi, menyusun instrumen evaluasi, menyusun naskah media berupa spesifikasi pengembangan produk, melakukan validasi ahli yang dilakukan oleh pakar dan guru fisika, uji coba yang terdiri dari uji coba satu lawan satu dan uji lapangan yang dilakukan terhadap siswa kelas VII1 SMP Global Madani Tahun Pelajaran 2013/2014 sebagai pengguna, dan produk akhir berupa video pembelajaran bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan “Perubahan di Sekitar Kita”, yang mencakup materi perubahan fisika, perubahan kimia, pencemaran, dan pemanasan global. Hasil uji ahli menunjukkan bahwa video yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai multimedia pembelajaran. Berdasarkan respon dan penilaian siswa terhadap penggunaan video pembelajaran, didapatkan bahwa skor dari kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan secara berturut-turut adalah 3.43, 3.60, dan 3.36 atau secara kualitatif dinyatakan bahwa video sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat. Video pembelajaran dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran, hal ini berdasarkan perolehan hasil uji lapangan terhadap siswa kelas VII1 dengan Gain rata-rata sebesar 28.34, N-Gain rata-rata sebesar 0,57 (N-Gain kategori sedang) dan 80% siswa uji tuntas KKM dengan hasil belajar rata-rata 78,67. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan video pembelajaran bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan “Perubahan di Sekitar Kita”, telah teruji sesuai teori dengan kualitas sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat dan dinyatakan efektif digunakan sebagai multimedia pembelajaran. Kata kunci: nilai kecintaan terhadap lingkungan, nilai ketuhanan, pembelajaran sains, pengembangan, video.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 20 Oct 2014 01:46 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2014 01:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4335 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |