., Sulemi (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 5 METRO SELATAN KOTA METRO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (222Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (229Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (146Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (389Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (6Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Latar belakang masalahnya yakni masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikarenakan pembelajaaran IPS yang dilaksanakan selama ini masih menggunakan metode konvensional yang didominasi oleh metode ceramah sehingga kurang menarik perhatian siswa, membosankan dan kurangnya interaksi antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran. Pola pembelajarannya bersifat guru-sentris, jadi siswa kurang berani berpartisipasi untuk bertanya dan mengemukakan ide atau pendapatnya pembelajaran terfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan dan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan Kota Metro tahun pelajaran 2013/2014 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus dengan langkah-langkahnya: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi selama tindakan dan tes hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 5 Metro Selatan yang terdiri dari 20 orang siswa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Acievement Division (STAD) dalam pembelajaran IPS ternyata mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari aktivitas rata-rata siswa yang pada siklus I 57,96% pada siklus II meningkat menjadi 71,40%, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I nilai rata-rata siswa 63,35, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70,10 Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 08:03 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2014 08:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/435 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |