Silvia Irmayani, 0913022107 (2014) PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (310Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (181Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Indonesia Sampai saat ini mata pelajaran IPA fisika masih dianggap sulit oleh siswa. Dari anggapan tersebut akan mempengaruhi keterampilan metakognisi dan minat belajar dari dalam diri siswa dan akan berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap minat belajar fisika siswa melalui pembelajaran discovery, (2) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar fisika siswa melalui pembelajaran discovery. Penelitian ini merupakan studi kasus eksperimen dengan menggunakan satu kelas sebagai sampel. Penelitian dilakukan secara langsung dalam kegiatan pembelajaran pada siswa kelas VIIIA SMPN 5 Negeri Agung Way Kanan. Penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas, yaitu keterampilan metakognisi, dua variabel terikat, yaitu hasil belajar dan minat siswa dan satu variabel moderator yaitu metode discovery, dengan langkah-langkah pembelajaran discovery antara lain mengidentifikasi kebutuhan siswa, seleksi pendahuluan terhadap prinsip-prinsip, pengertian konsep dan generalisasi pengetahuan; seleksi bahan, problema/ tugas-tugas; membantu dan memperjelas tugas/problema yang dihadapi siswa serta peranan masing-masing siswa; mempersiapkan kelas dan alat-alat yang diperlukan; mengecek pemahaman siswa terhadap masalah yang akan dipecahkan; memberi kesempatan pada siswa untuk melakukan penemuan; membantu siswa dengan informasi/ data jika diperlukan oleh siswa; memimpin analisis sendiri (self analysis) dengan pertanyaan yang mengarahkan dan mengidentifikasi masalah; merangsang terjadinya interaksi antara siswa dengan siswa; membantu siswa merumuskan prinsip dan generalisasi hasil penemuannya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Data keterampilan metakognisi, minat belajar, dan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai angket, dan hasil posttest. Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap minat belajar dan hasil belajar fisika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana. Hasil analisis data dalam bentuk persamaan regresi adalah (1) pengaruh keterampilan metakognisi terhadap minat belajar , Y = 41,089 + 0,128 X dengan nilai signifikansi 0,357, (2) pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil beajar, Y = 49,420 + 0,610 X dengan nilai signifikansi 0,012. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) tidak terdapat pengaruh keterampilan metakognisi terhadap minat belajar fisika siswa melalui pembelajaran discovery, (2) terdapat pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar fisika siswa melalui pembelajaran discovery. Kata kunci: keterampilan metakognisi, minat belajar, hasil belajar, metode pembelajaran discovery
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 29 Oct 2014 02:37 |
Terakhir diubah: | 29 Oct 2014 02:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4406 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |