Rahmanto, Rahmanto (2011) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA ATAS KOMPETENSI GURU, MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SMP NEGERI 4 PRINGSEWU. Universitas Lampung.
|
File PDF
Rahmanto_Halaman Depan.pdf Download (672Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Rahmanto_Bab I.pdf Download (329Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Rahmanto_Bab II.pdf Download (379Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Rahmanto_Bab III.pdf Download (1072Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Rahmanto_Bab IV.pdf Download (563Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Rahmanto_Bab V.pdf Download (189Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa atas kompetensi guru, motivasi belajar dan pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa SMP Negeri 4 Pringsewu, baik secara sendiri sendiri maupun secara bersama sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri .4 Pringsewu yang berjumlah 659 siswa yang terdiri dari 20 rombongan belajar. Sampel penelitian 66 siswa yang dipilih dengan teknik propotional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisa data menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan erat, positif dan signifikan antara : (1) persepsi siswa atas kompetensi guru dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan = 0,829 , besarnya kontribusi = 68,2%. (2) motivasi belajar dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan = 0,741, besarnya kontribusi = 54,2% . (3) pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan = 0,617 besarnya kontribusi = 37,2% (4) persepsi siswa atas kompetensi guru, motivasi belajar dan pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan = 0,847, besarnya kontribusi = 37,2% . The purpose of this research is to know the correlation between students’ perception towards teacher’s competence, learning motivation and the usage of learning resources and learning achievement at civics education at SMP Negeri 4 Pringsewu, both the variable itself and the variables together. The population in this research is all of the students of SMP Negeri 4 Pringsewu that in total 659 students divided into 20 classes. The Sample in this research is 66 students chosen by proportional random sampling technique. The method to collect the data uses questioner and test. The technique in analyzing the data uses product moment and double correlation. The result of this research shows there is a close, positive and significant correlation between: (1) students’ perception towards teacher’s competence and learning achievement at civics education = 0,829, the amount of contribution = 68,2% (2) learning motivation and learning achievement at civics education = 0,741, the amount of contribution = 54,2% (3) the usage of learning resources and learning achievement at civics education = 0,617, the amount of contribution = 37,2% (4) students’ perception towards teachers’ competence, learning motivation and the usage of learning resources and learning achievement at civics education = 0,847, the amount of contribution = 37,2% .
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | S.I.Kom. Endah Kurniasari |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 08:04 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2014 08:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/444 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |