SEPTI YUNAIDA, 1013109145 (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN PADANG MANIS PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (534Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (993Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (306Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (1044Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (383Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (57Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV SDN Padang Manis Pesawaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran PKn kelas IV SDN Padang Manis dapat meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 58,59 dan siklus II sebesar 72,27 dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 13,68. Sementara itu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,25 dan siklus II sebesar 71,25 dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 5,00. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 4508947 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Oct 2014 06:25 |
Terakhir diubah: | 24 Oct 2014 06:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4606 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |