STUDI KOMPARASI PEMANFAATAN ZEOLIT PELET PEREKAT AKTIVASI NaOH DAN KOH DENGAN VARIASI NORMALITAS TERHADAP PRESTASI MESIN MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (COMPARISON STUDY USING ZEOLITE GLUTEN PELLETS ACTIVATION NaOH AND KOH NORMALITY AND VARIATION OF ACHIEVEMENT WITH MOTOR DIESEL ENGINE 4 STEP)

Amra, Akhmad Munandar Prio Sudarmo (2013) STUDI KOMPARASI PEMANFAATAN ZEOLIT PELET PEREKAT AKTIVASI NaOH DAN KOH DENGAN VARIASI NORMALITAS TERHADAP PRESTASI MESIN MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (COMPARISON STUDY USING ZEOLITE GLUTEN PELLETS ACTIVATION NaOH AND KOH NORMALITY AND VARIATION OF ACHIEVEMENT WITH MOTOR DIESEL ENGINE 4 STEP). Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover Dalam.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf - Updated Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan.pdf - Published Version

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (446Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (768Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (302Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftra Pustaka.pdf - Published Version

Download (242Kb) | Preview
[img] Archive
Lampiran.zip - Published Version

Download (1051Kb)

Abstrak

Dalam proses pembakaran, oksigen merupakan gas yang paling dibutuhkan. Semakin tinggi kadar oksigen dalam udara maka proses pembakaran menjadi lebih optimal. Salah satu pemanfaatan zeolit alam adalah sebagai adsorben udara. Dengan kemampuan zeolit sebagai adsorben udara maka diharapkan mampu mengalirkan udara terutama oksigen ke ruang bakar dengan lebih optimal. Zeolit alam sebelum digunakan diaktivasi terlebih dahulu agar kemampuan adsorben zeolit tersebut dapat lebih optimal. Dalam penelitian ini dilakukan dua macam aktivasi, yang pertama aktivasi kimia dengan variasi aktivator NaOH dan KOH. Pada masing-masing aktivator, diberikan normalitas 0,25 N; 0,5 N; 0,75 N dan 1,0 N. Aktivasi yang kedua yaitu aktivasi fisik dengan penjemuran diatas sinar matahari dan pengovenan pada temperatur 200°C selama satu jam. Zeolit pelet tersebut kemudian dikemas dan diletakkan pada saringan udara mesin diesel, kemudian mampu menyerap molekul nitrogen, uap air dan gas lain sehingga menghasilkan konsentrasi oksigen yang lebih tinggi yang dapat digunakan dalam proses pembakaran. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan empat variasi putaran mesin yaitu 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm dan 3000 rpm. Pengujian dilakukan dengan membandingkan hasil daya engkol dan konsumsi bahan bakar spesifik yang dihasilkan oleh mesin motor diesel tanpa menggunakan zeolit pelet dan dengan menggunakan zeolit pelet yang sebelumnya telah diaktivasi. Penurunan konsumsi bahan bakar (bsfc) terbaik untuk variasi normalitas terjadi pada aktivator KOH dengan persentase penurunan konsumsi bahan bakar mencapai 13,49% (0,17 kg/kWh) pada normalitas 1 N dan putaran 3000 rpm. Peningkatan daya engkol terbesar terjadi pada aktivator KOH dengan persentase peningkatan daya engkol sebesar 8,59% (0,72 kW) pada pada normalitas 1 N dan putaran 1500 rpm. Penggunaan zeolit aktivasi basa-fisik efektif digunakan pada putaran tinggi yaitu 3000 rpm dengan menggunakan aktivator KOH. Nilai persentase penurunan konsumsi bahan bakar pada konsentrasi 0,25 N, 0,50 N, 0,75 N dan 1 N secara berturut-turut adalah 10,62%, 10,25%, 11,30% dan 13,49%. Sedangkan pada aktivator NaOH penurunan bsfc terbesar terjadi pada konsentrasi 1 N pada putaran 1500 rpm, yaitu sebesar 7,04 % (0,22 kg/kWh). Kata kunci : pembakaran, zeolit pelet, aktivasi (In the combustion process, oxygen gas is most needed. The higher levels of oxygen in the air becomes more optimal combustion process. One is the use of natural zeolite as adsorbent air. With the ability of the zeolite as adsorbent air is expected to deliver the air, especially oxygen into the combustion chamber to be optimized. Activated natural zeolite before use in order for the zeolite adsorbent capacity can be optimized. In this research, two kinds of activation, the first chemical activation with KOH and NaOH activator variations. In each of the activator, given the normality of 0.25 N, 0.5 N, 0.75 N and 1.0 N. Activation of both the physical activation by sunlight and drying above the oven with a temperature of 200 ° C for one hour. Zeolite pellets are then packaged and placed on diesel engine air filter, then able to absorb molecules of nitrogen, water vapor and other gases resulting in a higher concentration of oxygen that can be used in the combustion process. Data collection was performed using four variations of engine speed is 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm and 3000 rpm. Testing is done by comparing the results of crank power and specific fuel consumption generated by diesel engines without using zeolite pellets and by using zeolite pellets that have previously been activated. Reductions in fuel consumption best for normality variation occurs in KOH activator with percentage reductions in fuel consumption reached 13.49% (0.17 kg / kWh) on the normality of 1 N and 3000 rpm rotation. Increased crank power occurred in the largest percentage increase in activator KOH with the crank at 8.59% (0.72 kW) on the normality of 1 N and 1500 rpm rotation. The use of alkali-activated zeolite physical effectively used at high speed is 3000 rpm using KOH activator. Value of the percentage reduction in fuel consumption at a concentration of 0.25 M, 0.50 M, 0.75 M and 1 N respectively are 10.62%, 10.25%, 11.30% and 13.49%. While the decline NaOH activator BSFC occurred at a concentration of 1 N at 1500 rpm rotation, amounting to 7.04% (0.22 kg / kWh). Keywords: combustion, zeolite pellets, activation)

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi (General)

Teknologi > Mesin (General). Mesin Sipil (General)
Teknologi > Mesin (General). Mesin Sipil (General)
Mesin (General). Mesin Sipil (General)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Mesin
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 15 Jan 2014 08:30
Last Modified: 15 Jan 2014 08:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item View Item